Senin, 27 April 2020

Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawabannya Essay (Part-3)

Melanjutkan uji kompetensi Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawabannya Essay bagian kedua (soal nomor 11-15), bagian ketiga, berisikan contoh soal b. Indonesia kelompok mata pelajaran wajib, yaitu tentang Teks Anekdot.

Berikut, contoh soal essay bahasa Indonesia kelas x semester ganjil K13 dengan jawabannya, untuk siswa SMA/MA/SMK/MAK/Sederajat. Soal dimulai dari nomor 16 sampai dengan 25.

16. Apa yang dimaksud dengan anekdot?
Jawaban:  anekdot merupakan sebuah cerita singakt yang lucu dan menghibur yang mungkin merupakan pengalaman dari seseorang.

17. Sebutkan tujuan dibuatnya teks anekdot!
Jawaban: salah satu tujuan dari dibuatnya teks anekdot adalah untuk menghibur pembacanya.

18. Jelaskan tentang isi dari teks anekdot!
Jawaban: teks anekdot tidak hanya berisi tentang peristiwa-peristiwa menarik, konyol dan menjengkelkan, tetapi juga berisi tentang ungkapan suatu kebenaran yang lebih umum.

19. Sebutkan ciri-ciri teks anekdot!
Jawaban:
a. Bersifat menghibur
b. Mengungkapkan kebenaran yang lebih umum
c. Terilahmi dari kejadian nyata
d. Bersifat sindiran alami
e. Lebih dekat dengan perumpamaan tentang dongeng
f. Menampilkan karakter hewan dan figur manusia dan sering terhubung dengan realitas.

20. Bagaimana cara mengevaluasi struktur isi dalam teks anekdot?
Jawaban: evaluasi struktur isi dalam teks anekdot, antara lain mempertanyakan apakah secara keseluruhan bisa dinaggap sebagai karangan utuh (lengkap), apakah isinya bermanfaat sehingga layak baca atau dimengerti orang lain, apakah urutannya sudah betul, apakah ada paragraf yang menyimpang, apakah ada paragraf yang susah dimengerti, apakah ada paragraf yang kalimatnya tidak urut, apakah ada paragraf yang kalimatnya menyimpang dan harus dibuang, dan sebagainya.

21. Apa yang dimaksud dengan makna tersirat?
Jawaban: makna tersirat adalah makna yang terkandung atau tersembunyi di dalamnya. Tidak tertulis dalam teks bacaan.

22. Bagaimana kriteria teks anekdot yang baik?
Jawaban: teks anekdot yang baik adalah teks yang memiliki unsur lucu/jengkel/konyol, memiliki pesan moral sebagai pencerahan, dan strukturnya jelas.

23. Sebutkan langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam menganalisis teks anekdot!
Jawaban:
a. Membaca teks anekdot dengan saksama
b. Memahami teks anekdot dengan baik
c. Menganalisis struktur teks, yaitu memisahkan bagian abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan koda.
d. Menemukan kata kias, konjungsi, kalimat retoris (jika ada)
e. Menemukan kalimat yang mengandung unsur lucu/konyol/jengkel
f. menentukan sindirian
g. Menentukan amanat atau pesan moral

24. Apa yang dimaksud mengonstruksi teks anekdot!
Jawaban: mengonstruksi teks anekdot, artinya membuat atau menyusun teks anekdot.

25. Sebutkan berbagai langkah yang harus diperhatikan dalam menciptakan teks anekdot!
Jawaban:
a. Menentukan topik
b. Mencari bahan referensi
c. Menentukan pesan atau sindiran yang akan disampaikan
d. Menentukan unsur lucu/konyol/jengkel
e. Menentukan alur cerita berdasarkan struktur teks anekdot
f. Mengembangkan teks anekdot dengan memperhatikan struktur teks anekdot
g. Menyunting teks, artinya mengoreksi teks yang sudah dibuat. Koreksi teks berdasarkan kesesuaian isi dengan topik, kaidah, dan bahasa.
h. Merevisi teks sesuai dengan hasil suntingan
i. Pengendapan ide
j. Memberi judul

Lanjut ke soal penilaian tengah semester satu => 100 Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013

Atau....

Lanjut ke soal nomor 26 - 35 => Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawabannya Essay (Part-4)